Wah! Jepang Umumkan Pemberian Dosis Keempat Vaksin Covid-19

Lampung-news.com – Kabar covid-19 khususnya varian Omicron yang telah menyebar ke beberapa wilayah di dunia, tidak menghentikan upaya langkah pencegahan. Berdasarkan update Covid-19 secara global Jepang telah mengumumkan pemberian vaksin booster kedua atau dosis keempat pada Hari ini Sabtu (12/3/22)

Berdasarkan data dari Wooldometers hari ini, terdapat 60,4 juta kasus aktif yang mana angka tersebut merupakan jumlah orang yang dapat menyebarkan virus Covid-19 ke orang lain.

Selain itu total kematian dunia akibat covid-19 mencapai 6 juta orang, dengan total 455 juta orang telah terinfeksi virus Covid-19 sejak awal pandemi.

Wah! Jepang Umumkan Pemberian Dosis Keempat Vaksin Covid-19
Ilustrasi | pexels.com

Dilansir melalui Channel News Asia, rencana Jepang dalam melakukan pemberian dosis keempat vaksin covid-19 diputuskan melalui pertimbangan tingkat keparahan di kemudian hari. Adapun jenis pemberian vaksin dosis keempat menggunakan Moderna, dan Pfizer yang diprediksi mulai dilakukan pada musim panas tahun ini.

Walaupun begitu, Hirokazu Matsuno Kepala Sekretaris Kabinet Jepang mengkonfirmasi jika pemerintah akan lebih dulu meninjau situasi pandemi baik di dalam maupun luar negeri.

Di Jepang sendiri pada bulan Februari kemarin menjadi bulan yang paling mematikan akibat adanya virus Covid varian Omicron. Banyak populasi terutama lansia yang rentan terinfeksi virus varian baru tersebut serta belum mendapatkan vaksin booster.

Kampanye vaksin booster telah digecarkan oleh pemerintah Jepang hingga mencapai 1 juta suntikan dalam waktu beberapa hari. Hal tersebut telah mencakup sebanyak 28 persen dari populasi lansia. Para pakar kesehatan juga telah mengingatkan terkait gelombang infeksi baru di kemudian hari karena adanya potensi munculnya varian baru.

Pada tahun 2022 ini, Jepang juga telah membeli sejumlah 130 juta dosis vaksin Pfizer dan 93 juta dosis vaksin Moderna.

BACA JUGA  Keren, Hari Ini Indonesia Borong 3 Medali Emas Dan Empat Perak Di SEA Games Vietnam