Tragedi Bom Meledak di Masjid Syiah Pakistan, Korban Tewas Terus Bertambah

Lampung-news.com – Ledakan bom yang kuat di salah satu masjid syiah Pakistan, yang terjadi pada Hari Jumat (4/3/2022) terus memakan korban jiwa. Dilansir melalui Reuters, korban tewas bertambah menjadi 56 orang, dan terdapat 194 korban terluka.

Diketahui peristiwa bom tersebut meledak saat para jamaah akan melaksanakan ibadah salat Jumat. Rumah sakit terdekat yang berada di barat laut Kota Peshawar yaitu RS Lady Ring menangani hampir seluruh korban akibat ledakan bom tersebut.

Sampai saat ini, belum ada pihak yang bertanggung jawab atas kejadian mematikan di Pakistan dalam beberapa tahun terakhir. Tanggapan dari pihak berwenang menyatakan insiden tersebut merupakan bom bunuh diri.

Tragedi Bom Meledak di Masjid Syiah Pakistan, Korban Tewas Terus Bertambah
Tragedi Ledakan Bom Masjid Syiah | dunia.tempo.co

Sejauh ini belum ada pihak yang bertanggung jawab atas serangan mematikan dalam beberapa tahun terakhir di Pakistan itu.

Namun, pihak berwenang telah memastikan bahwa insiden itu merupakan bom bunuh diri.

Salah seorang saksi mata di tempat kejadian Shayan Haider, menuturkan bahwa ledakan terjadi disaat para jamaah akan bersiap memasuki masjid untuk ibadah salat Jumat. Bom tersebut meledak dengan dahsyat hingga ia jatuh terlempar karena ledakan tersebut.

Menurut keterangan Ijaz Khan, yang merupakan anggota senior kepolisian Pakistan, terlihat dua orang pria yang membawa bersenjata di sekitaran masjid dengan menggunakan sepeda motor. Polisi yang bertugas sempat menghentikan kedua pria tersebut di kompleks masjid, namun akhirnya berhasil  lolos.

Hingga saat ini masih dilakukan penyelidikan oleh pihak kepolisian apakah kedua orang tersebut merupakan pelaku bom bunuh diri.

Mayoritas penduduk Pakistan merupakan Muslim sunni. Dimana kelompok minoritas Muslim syiah sudah lama menjadi sasaran militan negara tersebut.

BACA JUGA  Gempa Terkini Di Nias Selatan Hingga 6,9 SR