Pentingnya Tabungan Jangka Pendek

Tabungan jangka pendek ini sangat penting untuk Anda selain perencanaan hari tua. Perlu Anda ketahui, bahwa Jaminan Hari Tua (JHT) merupakan skema dari pemerintah untuk menjaga kesejahteraan kaum pekerja ketika memasuki masa pensiun. 

Jika dilihat dari sudut pandang perencanaan keuangannya, jaminan hari tua ini dinilai sangat tepat untuk dilakukan. Sebab, pendapatan seseorang ketika memasuki masa pensiun akan mengalami penurunan pendapatan yang drastis. 

Akibatnya, orang tersebut membutuhkan suntikan dana yang bisa digunakan untuk menjaga kualitas hidupnya sehari-hari. 

Tabungan Jangka Pendek Harus Seimbang dengan Jaminan Hari Tua

Perencana Keuangan, Safir Senduk menjelaskan bahwa seseorang tidak boleh hanya memikirkan perencanaan hari tua saja. 

Dimana seharusnya setiap orang juga perlu memiliki tabungan jangka pendek untuk memenuhi kebutuhan yang cukup mendesak. 

Menurut Safir, munculnya gelombang protes pada aturan jaminan hari tua yang baru ini disebabkan oleh tidak siapnya masyarakat dalam mempersiapkan tabungan untuk jangka pendek. Akhirnya, dana jaminan hari tua ini pun menjadi satu-satunya tumpuan yang sangat diharapkan. 

“Yang membuat banyak orang protes adalah karena banyak orang yang tidak memiliki investasi lain selain Jaminan Hari Tua. Jadi, jika ada aturan bahwa saldo Jaminan Hari Tua baru bisa diambil pada umur 56 tahun, maka banyak yang marah karena tabungan untuk jangka pendeknya sudah tidak ada,” kata Safir Kamis (24/02/2022). 

Disisi lain, Safir Senduk juga mengkritisi kebijakan terkait dengan Jaminan Hari Tua yang baru-baru ini sedang direvisi. Dengan banyaknya masyarakat yang tidak memiliki tabungan untuk jangka pendek, maka seharusnya bisa menjadi salah satu pertimbangan revisi yang dilakukan. 

BACA JUGA  Sekjen DPR Jelaskan Kronologi Pengadaan Gorden Rumah Dinas Anggota Dewan Rp 43,5 Miliar
(Sumber gambar: Pexels.com)

“Pemerintah sebaiknya bisa melihat sisi tersebut sehingga tetap bisa memikirkan revisi apa yang bisa dilakukan nantinya,” ungkap Safir. 

Tabungan Jangka Pendek untuk Usaha

Dari sisi pengusaha, Pemilik Baba Rafi enterprise, Hedy Setiono memiliki sudut pandang yang berbeda terkait dengan dana pekerja yang dikelola oleh pemerintah.

Menurut Hendy, kepemilikan cash itu memang sangat penting. Dengan adanya uang cair atau uang cash, maka seseorang bisa memulai usaha untuk memperbaiki kesejahteraan hidupnya sehari-hari. 

“Sebagai seorang pengusaha, saya berpikir bahwa sebaiknya uang bisa dipegang lebih cepat. Misalnya saja ketika Anda bekerja sebagai profesional. Namun, karena ingin memutuskan untuk membuka usaha sendiri, maka Anda harus memiliki pegangan yang nantinya bisa dialokasikan untuk memulai sebuah bisnis,” terang Hendy. 

Menanggapi hal tersebut, maka Safir Senduk pun mengungkapkan bahwa setiap usaha memiliki karakter yang berbeda-beda. 

Hal ini tentu akan menyebabkan kebutuhan akan dana yang dibutuhkan menjadi berbeda-beda. Begitu juga dengan tabungan jangka pendek yang harus selalu ada untuk menunjang kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan mendadak. 

“Berapapun dana yang Anda butuhkan, maka seharusnya memang Anda harus memiliki pengetahuan yang baik dalam perhitungan modal usaha. Saya pikir, begitu orang tersebut menerima dana Jaminan Hari Tuanya, maka orang tersebut bisa langsung membuka usahanya sendiri,” tutup Safir Senduk.