Hadapi Minyak Goreng Langka, Pemerintah Subsidi Minyak Curah

Atasi Minyak Goreng Langka, Pemerintah Subsidi Minyak Curah

Lampung-news.com — Minyak goreng langka nampaknya belum bisa menjadi masalah yang dinyatakan selesai. Hadapi masalah perekonomian ini, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akhirnya mengambil sikap terkait kelangkaan minyak goreng di pasaran. Pemerintah diutus untuk mensubsidi minyak goreng (migor) curah, dan melepas harga migor kemasan dengan harga keekonomian.

Atasi Minyak Goreng Langka, Pemerintah Subsidi Minyak Curah

Harga keekonomian, berarti perdagangan minyak goreng dilepaskan seutuhnya pada harga pasar. Dalam artian, pemerintah tidak lagi menentukan Harga Eceran Tertinggi (HET) dan melepaskan harga di pasaran.

Masyarakat di perkotaan, terpantau melakukan rush atau panic buying beberapa bulan terakhir. Hal ini disebabkan karena tidak terkontrolnya minyak goreng di pasar tradisional dan adanya selisih harga di ritel modern.

Aplikasi Bansos

Subsidi Minyak Goreng Curah

Subsidi dari pemerintah akan diberikan berbasis dana yang berasal dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). Jumlah subsidi dari pemerintah adalah Rp 14.000 per satu liter minyak goreng curah.

Untuk kemudian, ditetapkan sebagai HET minyak goreng curah, yaitu menjadi Rp 14.000 dari sebelumnya Rp 11.500.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo turut memastikan untuk mengawal ketat proses distribusi dan ketersediaan stok minyak goreng di pasaran.

“Kami dari kepolisian siap mengawal sehingga jaminan distribusi ketersediaan di pasar betul-betul riil di lapangan,” kata Sigit dalam konferensi pers usai rapat terbatas, Selasa (15/3/2022).

Subsidi migor curah ini dilakukan atas pertimbangan untuk masyarakat bawah yang juga membutuhkan minyak goreng curah.

Bantuan Langsung Tunai 600 Ribu

Atasi Minyak Goreng Langka, Pemerintah Subsidi Minyak Curah
sumber: cnnindonesia.com

Aplikasi Alternatif Pembelian Migor

Selain datang langsung ke ritel modern dan pasar tradisional, ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan masyarakat untuk membeli minyak goreng.

Alternatif tersebut ialah melalui aplikasi elektronik. Ada berbagai inovasi aplikasi baru yang kini memudahkan kita untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari, termasuk minyak goreng.

Cara Mudah Beli Minyak Goreng

Beberapa aplikasi tersebut, adalah GoJek (GoMart), Grab (GrabMart), HappyFresh, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, aplikasi rite moden seperti Indomaret dan Alfamart juga sudah tersedia. Di Aplikasi ini, Anda bisa cek harga dan stok terkini minyak goreng di ritel terdekat. Nah, tidak perlu lagi mengantri. Beberapa aplikasi juga telah menyediakan jasa antar tanpa kita harus mengambil barangnya di toko terdekat.

Aplikasi-aplikasi berbelanja ini akan sangat bermanfaat dan praktis untuk pembelian minyak goreng.

Untuk saat ini, karena kelangkaan migor itu sendiri, banyak stok minyak goreng yang masih kosong. Namun, harapannya, setelah dilakukan penyesuaian harga migor curah dan migor kemasan nanti, stok migor bisa kembali bisa diaksses seperti sedia kala.

Harga Minyak Hari Ini

Baca Juga:

BACA JUGA  Cara Kembangkan Ide Bisnis Dengan TikTok, Fix Auto Cuan !

tags: aplikasi belanja, aplikasi migor, aplikasi minyak goreng, aplikasi grabmart, aplikasi gomart, aplikasi alfamart