Omicron, Varian ‘Gaib’ COVID-19 yang Patut Diwaspadai Gejalanya

Lampung-news.com — COVID-19 varian Omicron telah ditetapkan menjadi varian terbaru dari virus yang tak berkesudahan ini. Omicron bahkan sudah mendominasi beberapa negara, termasuk negara kita sendiri, Indonesia. Meski menimbulkan banyak kasus kematian, varian ini dianggap memiliki gejala yang cukup ringan dibanding varian terdahulunya, Delta. Sehingga, sering kali tidak disadari penderitanya.

Omicron, Varian ‘Gaib’ COVID-19 yang Patut Diwaspadai Gejalanya
Ilustrasi | Pexels/cottonbro

Sama seperti varian lain, Omicron tidak memandang usia bagi penderitanya. Manula lebih rentan, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa anak-anak, remaja, dan orang dewasa juga bisa terinfeksi. Sekalipun kamu sudah melakukan vaksinasi lengkap, kamu tetap bisa berpotensi terpapar virus ini, meski berdasarkan penelitian jika gejala yang muncul dari varian Omicron sulit terdeteksi karena saking ringannya.

Update Vaksin Di Sini

Karena itu, sebelum keadaan semakin parah dan tak terkendali, ada baiknya jika kita menjaga kesehatan kita sendiri dengan mewaspadai dan tidak meremehkan gejala-gejala yang timbul pada diri kita. Berikut ini adalah beberapa gejala yang menandakan kamu positif COVID-19 varian Omicron.

Gejala Covid-19 Varian Omicron

  1. Batuk dan Pilek, hampir seperti flu biasa.
  2. Kelelahan, selalu merasa sangat letih dan lesu meski hanya melakukan pekerjaan ringan.
  3. Sakit tenggorokan, saat dibuat menelan makanan dan minuman, tenggorokanmu akan terasa sakit.
  4. Sakit kepala, biasanya kamu akan merasakan pening luar biasa, seperti migrain yang tak mempan disembuhkan dengan obat sakit kepala biasa.
  5. Nyeri Otot, Tulang, dan Sendi, kondisi ini merupakan kondisi di mana otot, sendi, dan tulangmu seperti tak menyatu dan seperti sedang ditarik paksa untuk lepas dari tempatnya. Memang rasanya sangat sakit, karena nyerinya menjalar ke mana-mana, ke sekujur tubuhmu, mulai dari tangan, kaki, sampai punggung.
  6. Demam, suhu tubuhmu akan meningkat, badanmu akan terasa panas, meriang. Jika suda demam, biasanya juga disertai dengan menggigil.
Omicron, Varian ‘Gaib’ COVID-19 yang Patut Diwaspadai Gejalanya
Ilutrasi Covid-19 | Pexels/Edward Jenner

Di atas adalah beberapa gejala ‘gaib’ yang mungkin akan kamu rasakan saat pertama kali dinyatakan positif COVID-19 varian Omicron, sekalipun kamu sudah melakukan vaksinasi lengkap.

Namun, dari enam poin tersebut, gejala yang paling terlihat dan terasa adalah kelelahan dan pusing, yang bahkan bisa menyebabkanmu sampai pingsan. Untuk itu, di era pandemi seperti ini, kita harus selalu berhat-hati dan terus jalankan protokol kesehatan supaya kita tetap sehat dan terhindar dari COVID-19.

BACA JUGA  3 Fitur WhatsApp Web Ini Masih Sedikit Yang Tahu!