Makin Mahal, Tarif Pajak Telkomsel Dan XL Naik Mulai 1 April 2022

Lampung-news.com – Bagi kalian para pengguna jaringan Telkomsel dan XL tarif pajak akan mengalami kenaikan hingga 11 persen. Kenaikan tarif pajak juga diumumkan melalui pesan singkat SMS, dan hal tersebut dibenarkan sendiri oleh pihak PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel).

Dilansir melalui CNN Indonesia, Saki H Bramono selaku Vice President Corporate Communications Telkomsel menjelaskan jika perseroan sudah memperoleh sosialisasi dari Direktorat Jenderal Pajak mengenai kenaikan tari pajak tersebut.

Dimana untuk produk Halo tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) naik menjadi 11 persen. Penyesuaian tersebut,  didasarkan pada Undang-undang Nomor 7 Tahun 2021 mengenai Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP). Adapun kenaikan tarif PPN ini mulai berlaku pada 1 April 2022.

Makin Mahal, Tarif Pajak Telkomsel Dan XL Naik Mulai 1 April 2022
Ilustrasi | pinterest/@juanpabloramirezhenao

Selain itu, langkah serupa juga diambil oleh PT XL Axiata, dimana pembaruan tarif pajak akan berlaku untuk seluruh produk perusahaan tersebut.

Berdasarkan hasil wawancara dengan Triwahyuningsih General Manager Corporate Communication XL Axiata, “Akan ada dampak di mana setiap transaksi bisnis terhadap produk dan layanan XL Axiata akan dilakukan penyesuaian pengenaan tarif PPN menjadi 11 persen,”

Untuk tambahan informasi, pada UU HPP dikenaka tarif PPN sebesar 11 persen, dimana sebelumnya hanya 10 persen. Hal tersebut tertuang dalam Pasal 7 Ayat 1.

Serta tarif pajak akan naik kembali pada 1 Januari 2025 menjadi 12 persen. Tetapi pajak tersebut tidak berlaku untuk barang-barang tertentu misalnya ekspor barang kena pajak berwujud, ekspor jasa kena pajak, dan ekspor barang kena pajak tidak berwujud.

BACA JUGA  Sekjen DPR Jelaskan Kronologi Pengadaan Gorden Rumah Dinas Anggota Dewan Rp 43,5 Miliar