Konsumsi Makanan Tinggi Protein Dapat Mengurangi Resiko Tekanan Darah Tinggi

Lampung-news.com – Semua makanan pada dasarnya baik untuk kesehatan tubuh karena mengandung nilai gizi apabila dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai. Berdasarkan penelitian yang diambil dari jurnal Hypertension mengemukakan bahwa sumber protein bisa menurunkan resiko tekanan darah tinggi.

Dimana sumber protein tersebut dapat ditemukan pada makanan laut, kacang, serta daging tanpa lemak

Peneliti lain dari Southern Medical University di China, juga menganalisis perbandingan kebiasaan makan 12.117 peserta orang dewasa di negara itu dengan tekanan darah mereka selama rata-rata enam tahun masa tindak lanjut.

Penilaian peserta dilihat berdasarkan seberapa banyak mereka makan sumber protein. Adapun sumber protein tersebut dikelompokkan menjadi delapan kategori. yaitu daging olahan, daging mentah, biji olahan, unggas, telur, kacang-kacangan, dan makanan laut.

Konsumsi Makanan Tinggi Protein Dapat Mengurangi Resiko Tekanan Darah Tinggi
Ilustrasi | pexels.com

Dikutip dari Insider, bahwa orang dengan kebiasaan makan hingga empat atau lebih sumber protein yang berbeda, lebih kecil 66 persen kemungkinan untuk mengembangkan tekanan darah tinggi dibandingkan dengan peserta lain yang jarang mengonsumsi sumber protein.

Meskipun demikian, penulis studi yaitu Dr. Xianhui Qin menegaskan apabila makin banyak mengonsumsi protein secara keseluruhan belum tentu bisa membuat kesehatan jadi lebih baik.

Dimana studi tersebut menunjukkan bahwa paling banyak orang yang mengonsumsi sumber ptotein dan paling sedikit yang mengonsumsi proein. Sehingga tekanan darah tinggi bisa dikembangkan dari total keduanya, dibandingkan seseorang yang telah mengonsumsi dalam jumlah moderat.

Dr. Qin menabahkan, “Mengonsumsi makanan seimbang dengan protein dari berbagai sumber yang berbeda, bahkan berfokus pada sumber protein, dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi,”

Selain itu, data yang sifatnya observasional menjadi keterbatasan peneilitian ini, dimana hanya menunjukkan terdapat hubungan, namun tidak bisa membuktikan jika sumber protein bisa mencegah darah tinggi.

BACA JUGA  Tips Untuk Penderita Asam Lambung, Hindari Hal Ini!

Ditambah dengan mengonsumsi variasi makanan bisa membantu mendukung mikrobioma, sehingga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan seperti kacang dan biji-bijian.