Kementerian Kesehatan Beberkan Fakta Baru Omicron

Lampung-news.com – Indonesia dalam beberapa minggu terakhir telah mengalami penurunan kasus Covid-19, meskipun begitu varian virus Corona yaitu Omicron masih menyebar. Budi Gunadi Sadikin yang menjabat sebagai Menteri Kesehatan pada konferensi pers virtual yang dilakukan Senin (14/3/2022) menerangkan fakta jika risiko kematian akibat Covid 19 pada pasien Omicron lebih rendah dibandingkan dengan varian sebelumnya.

“Kita sudah melakukan penelitian terhadap pasien-pasien yang terkena COVID-19. Pada pasien yang terkena Delta, memiliki tingkat kematian empat kali lebih tinggi dariapada pasien yang terkena Omicron,” Ujar beliau.

Ilustrasi Omicron | freepik.com

Budi juga menghimbau bahwa cara untuk menekan angka kasus kematian Covid-19 di Indonesia yaitu melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 terlebih bagi kelompok rentan seperti lansia. Hasil penelitian dan pengamatan di Hong Kong beberapa negara lain yang sudah melakukan pelonggaran terhadap kasus Covid-19, banyak terjadi kasus kematian dimana kelompok lansia paling banyak kasus kematian yang disebabkan Covid-19.

“Cara menanggulanginya dengan percepatan vaksin terutama untuk lansia berusia di atas 60 tahun. Mereka segmen kelompok rawan untuk masuk rumah sakit dan meninggal. Minimal menerima dua dosis (vaksin COVID-19) dan idealnya tiga dosis,”

“Yang meninggal dan masuk rumah sakit di Hong Kong, yaitu kelompok lansia dan mereka yang vaksinasinya belum lengkap,” Kata Menkes Budi Gunadi.

BACA JUGA  Canva For Education : Gratis 100%, Begini Cara Daftarnya