Jelang Ramadhan Harga Cabai Dan Kedelai Naik, Ini Penyebabnya

Lampung-news.com – Menjelang Ramadhan kenaikan harga cabai kedelai, hingga gula diungkapkan Satgas Pangan Polri. Adapun penyebab dari kenaikan komoditas bahan pokok itersebut dikarenakan pengaruh dari negara lain.

Menurut Irjen Pol Helmy Santika, Kasatgas Pangan Polri yang ditemui pada Hari Jumat (4/3/2022), “Khusus bahan-bahan pokok yang sebagian besar masih dipenuhi dari impor seperti kedelai, gula dan daging, kenaikan dipengaruhi oleh naiknya harga di negara asal,”

Jelang Ramadhan Harga Cabai Dan Kedelai Naik, Ini Penyebabnya
Cabai Rawit Merah | pexels.com

Beliau menerangkan bahwa pemerintah telah menyikapi terkait kenaikan harga komoditas barang-barang tersebut serta melakukan upaya dengan mengendalikan distribusi.

Disisi lain, pihaknya juga telah menggelar operasi pasar.

Dengan menyikapi kenaikan harga komoditas tersebut telah diupayakan berbagai kebijakan dari pemerintah guna tujuan ketersediaan, distribusi, serta harga terkendali dengan baik. Adapun upaya tersebut diantaranya dengan menugaskan BUMN serta melakukan operasi pasar, sehingga harga komoditas masih terkendali dan terjangkau bagi masyarakat.

Helmy juga menambahkan terkait pengaruh kenaikan harga cabai rawit merah disebabkan akibat faktor alam. Dimana, saat ini curah hujan tinggi terjadi saat musim panen, sehingga komoditi musiman seperti cabai berpengaruh terhadap cuaca tersebut yang menyebabkan hasil panen berkurang.

Akibatnya harga cabai rawit merah pun akan mengalami kenaikan ditambah meningkatnya permintaan pasar karena menjelang puasa dan Hari Raya.

BACA JUGA  CEK PENERIMA Bansos PKH Tahap II Cair Mei 2022, Berikut Cekbansos.kemensos.go.id, Ini Kriterianya