Harga BBM Kembali Naik, Pertamina Beri Penjelasan

Lampung-news.com – Kabar penting bagi para pengguna Bahan Bakar Minyak (BBM), pasalnya mulai hari ini harga BBM kembali naik, pada bensin kenaikan harga ada yang mencapai Rp 1.000/Liter. PT. Pertamina (Persero) sendiri menaikkan harga kepada beberapa jenis BBM, seperti Dexlite, Pertamax Turbo, serta Pertamina Dex.

Dari penjelasan Irto Ginting selaku Pjs Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, penyesuaian harga BBM tersebut dilakukan pada BBM nonsubisidi untuk masyarakat yang mampu. Selain itu, penyesuaian harga BBM Pertaminalantaran mengikuti pasar global sesuai dengan ketentuan Kementerian ESDM.

“3 BBK (Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertadex) merupakan Bahan Bakar Minyak Non Subsidi untuk masyarakat mampu, dan porsinya hanya 3% dari total konsumsi BBM nasional,” katanya Irto Ginting pada Hari Kamis (3/2/2022)

Harga BBM Kembali Naik, Pertamina Beri Penjelasan
Pertamina | Liputan6.com

Kenaikan harga tersebut juga akan direview secara rutin setiap dua minggu, beliau juga menambahkan bahwa harga BBM Pertamina masih lebih kompetitif walaupun operator lain sudah menyesuaikan harga lebih dulu.

Adapun jenis BBM yang sering dipakai oleh masyarakat yakni jenis Pertamax dan Pertalite, dimana jenis BBM tersebut tidak mengalami perubahan. Kementerian ESDM juga telah menyoroti dampak konflik antara Rusia dan Ukraina. Dimana perseteruan dari dua negara ini telah mengakibatkan tren harga minyak dunia meningkat tinggi.

Untuk harga minyak mentah Indonesia atau sering dikenal dengan Indonesian Crude Price (ICP). Pada bulan Februari 2022 per tanggal 24 perkembangannya tercatat sebesar US$ 95,45/barel.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama melalui keterangan resmi pada Hari Minggu (27/2/2022) Agung Pribadi mengungkapkan bahwa “Data sementara ICP bulan Februari 2022 per tanggal 24 sebesar US$95,45/barel. Kalau harga minyak Brent, sudah lebih dari US$100/barel. Sejak ICP naik diatas US$ 63/barel (asumsi APBN 2022), kita terus monitor dan antisipasi dampaknya. Tidak hanya harga minyak, tapi harga LPG seperti CP Aramco,”

BACA JUGA  Pertamina Usahakan Jika Harga Pertamax Naik, Tetap Di Bawah SPBU Swasta

Tren kenaikan harga minya dunia mampu merubah harga keejonomian, dimana seluruh sektor akan terkena dampak dari kenaikan harga minyak khususnya transportasi dan industri yang mengkonsumsi BBM nonsubsidi.