Gempa Terkini Di Nias Selatan Hingga 6,9 SR

Lampung-news.com – Gempa dengan kekuatan 6,9 SR pada hari ini, Senin (14/3/2022) telah mengguncang wilayah Nias Selatan serta tidak berpotensi tsunami. Gempa yang dirasa cukup kencang terjadi pada pukul 04.09 WIB dengan titik gempa di koordinat 0,71 LS, 98,50 BT. Tepatnya di laut pada jarak 6 Km arah Selatan Hibala, Nias Selatan pada kedalaman 25 km.

Bambang Setiyo Prayitno yang menjabat sebagai Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG memberikan keterangan bahwa “Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault )”

Gempa Terkini Di Nias Selatan Hingga 6,9 SR
Ilustrasi Seismograph | istockphoto.com

Gempa yang terjadi dirasakan banyak orang sampai wilayah Padang, Nias Selatan, Gunung Sitoli, dan Siberut dengan intensitas IV MMI.

Selanjutnya, Bambang juga menambahkan jika gempa yang terjadi hingga pukul 05.10 WIB telah menunjukkan 4 aktivitas gempa susulan dengan magnitudo 6.

Beliau menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap tenang serta tidah terpengaruh oleh isu-isu yang tak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu, penting untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak yang ditimbulkan oleh gempa. Serta memastikan dan periksa bangunan tempat tinggal apakah tahan terhadap gempa atau mengalami kerusakan akibat getaran gempa.

BACA JUGA  iPhone Mahal, Apple Makin Kaya dari Samsung dan Xiaomi