Fitur Fast Charging Samsung Galaxy S22 Bermasalah?

Fast charging Samsung Galaxy S22 ini merupakan salah satu fitur terbaru dari Samsung Galaxy S. Pengisian daya hingga 45 watt ini diakui sama dengan 25 watt. 

Namun, sayangnya fitur terbaru ini banyak dikeluhkan oleh para penggunanya. Sebenarnya, apa yang menjadi masalah? Apakah memang fitur pengisian cepat pada Samsung Galaxy S22 ini bermasalah?

Keluhan Fitur Fast Charging Samsung Galaxy S22 

(Sumber gambar: Unsplash.com)

Perlu Anda ketahui, bahwa saat ini sudah banyak laporan yang dibuat mengenai durasi dari pengisian daya yang tidak jauh berbeda ini pertama kali dilaporkan oleh GSM Arena

Pihak dari GSM Arena ini sempat melakukan uji coba akan ponsel yang dibekali dengan tiga pengisian daya, yakni 25 watt, 4 watt, dan yang menggunakan adapter pihak ketiga, yakni 65 watt. 

Lantas, apa permasalahan yang dikeluhkan?

  1. Sebagai informasi tambahannya, Samsung Galaxy S21 sebelumnya hanya dilengkapi dengan pengisian daya sebesar 25 watt saja. 
  2. Dengan adanya pembaruan pengisian daya 45 watt yang ada pada Samsung Galaxy S22 ini seharusnya bisa dua kali lipat lebih cepat dalam mengisi daya baterainya. 
  3. Pengisian penuh dari Samsung Galaxy S22 Ultra yang dibekali dengan pengisian daya sebesar 25 watt membutuhkan waktu sekitar 64 menit. Sementara untuk pengisian daya sebesar 45 watt hanya membutuhkan waktu sekitar 59 menit saja. Jadi, untuk selisih waktunya hanya selama 5 menit saja. 
  4. Sementara untuk penggunaan dari pengisi daya sebesar 65 watt yang menggunakan adapter lain (bukan milik Samsung), maka proses pengisian dayanya akan membutuhkan waktu sekitar 62 menit. 
  5. Pengisian baterai pada Samsung Galaxy S22 pada uji coba parsial dengan pengisian daya sebesar 25 watt membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mengisi baterai hingga 61 persen dari baterai kosong. 
  6. Sementara untuk pengisian daya sebesar 45 watt malah memiliki kinerja yang lebih buruk. Dimana untuk mencapai 60 persen membutuhkan waktu selama 30 menit, dan pengisian dengan daya 65 watt hanya mampu menghasilkan 65 persen saja. 
BACA JUGA  Daftar Harga HP Samsung Maret 2022: Galaxy A03 Paling Murah!

Jadi, bisa dikatakan bahwa secara umum tampaknya penggunaan fast charging Samsung Galaxy S22 dengan kapasitas 45 watt akan mengisi daya ponsel yang lebih cepat. Namun, ternyata hanya berselisih beberapa menit saja. 

Hal ini tentunya sangat jauh dari kebanyakan ponsel kompetitor yang memiliki pengisian 80 watt. Ponsel yang memiliki pengisian 80 watt adalah OnePlus 10 Pro, dan 120 watt yang ada pada Xiaomi 12 Pro. 

Kesimpulan

Belum diketahui secara jelas mengapa pengisian daya 45 watt pada Samsung Galaxy S22 ini bekerja dengan sangat buruk. Akankah ada kesalahan dalam perangkat lunak yang dimiliki oleh Samsung S22 ini?

Jika mengingat pihak perusahaan Samsung tidak membekali adapter fast charging Samsung Galaxy S22. Maka para pengguna sebaiknya memilih untuk menggunakan pengisian 25 watt saja. Hal ini dikarenakan durasi pengisian yang tidak jauh berbeda dengan pengisian 45 watt.