Fakta Menarik Charcoal, Hidangan Serba Hitam Yang Lagi Hits

Lampung-news.com – Trend pada kuliner memang tidak ada habisnya dan semakin bervariasi ditambah dengan tampilan penyajian yang unik. Adapun trend yang tengah banyak dihidangkan yaitu kuliner serba hitam.

Maksud dari kuliner serba hitam tersebut bukan sengaja dibiarkan hingga hangus, tetapi warna hitam tersebut diperoleh dari pewarna alami Charcoal. Dilansir melalui suara.com sumber Charcoal merupakan arang aktif yang diyakini mampu sebagai bahan detoksifikasi.

Fakta Menarik Charcoal, Hidangan Serba Hitam Yang Lagi Hits
Charcoal | pexels.com

Mungkin terdengar tidak aman, namun sebenarnya bahan arang aktif yang dibuat tidak beracun.

Arang aktif atau charcoal dapat dibuat dengan membakar bahan yang mengandung banyak karbon, misalnya kayu, tempurung kelapa, atau gambut menggunakan suhu yang sangat tinggi agar menjadi bubuk hitam. Bubuk hitam tersebut kemudian ‘diaktifkan’, sehingga menjadi suatu zat yang memiliki pori agar mampu menyerap obat-obatan yang bertujuan untuk mencegah racun masuk ke saluran pencernaan.

Pada sebuah peneltian yang melibatkan pada penanganan dunia medis, manfaat Charcoal yaitu mampu mengurangi penyerapan obat dalam satu jam pada kasus pasien overdosis. Selain itu, Charcoal juga terbukti efektif untuk menyerap zat aspirin, dan sebagian besar bahan anorganik maupun organik dengan pemakaian sesuai dosis yang disarankan.

Apabila meninjau kasus tersebut pengaplikasian charcoal pada makanan atau minuman masih aman untuk dikonsumsi.

Walaupun begitu, tak dipungkiri terdapat kemungkinan atau efek samping lain setelah mengkonsumsi Charcoal. Seperti terjadinya aspirasi paru-paru yang mana menghirup ke tenggorokan lalu ke paru-paru sehingga bisa tersedak atau menimbulkan komplikasi gastrointestinal.

Penelitian yang dilakukan oleh The National Capital Poison Center, Amerika Serikat tempat penelitian  observasi racun menerangkan bahwa mengonsumsi Charcoal dapat menimbulkan rekasi mual dan muntah.

Hal tersebut dikarenakan, sifat penyerapan dari Charcoal sehingga bisa mengganggu apabila sedang mengkonsumsi obat-obatan lain.

BACA JUGA  Kementerian Kesehatan Beberkan Fakta Baru Omicron

Walaupun sudah terbukti pada kasus keracunan maupun overdosis pada dunia medis, dan aman untuk dikonsumsi. Tetapi Charcoal memiliki beberapa efek samping bagi tubuh.