Coba Hentikan Invasi Rusia, Perdana Menteri Inggris Buat “Rencana Aksi”

Lampung-news.com – Agar gagalnya invasi Rusia ke Ukraina, Boris Johnson perdana Menteri Inggris  membuat “rencana aksi” internasional untuk memastikan invasi Rusia ke Ukraina gagal dengan serangkaian pertemuan diplomatik minggu depan.

Perdana Menteri Inggris tersebut akan berupaya untuk menggalang berbagai komunitas internasional dalam membuat “upaya yang diperbarui dan terpadu” yang bertujuan untuk mengakhiri perang. Terdapat 6 poin pada  rencana aksi tersebut, dilansir melalui AFP pada Minggu (6/3/2022).

Coba Hentikan Invansi Rusia, Perdana Menteri Inggris Buat "Rencana Aksi"
Perdana Menteri Inggris | BBC World

Downing Street mengungkapkan bahwa hari sejak Rusia menginvasi Ukraina, pihaknya melihat gelombang kecaman internasional yang tidak pernah terjadi di seluruh dunia sebelumnya.

Selain itu, negara-negara lain di dunia juga telah menerapkan sanksi besar terhadap ekonomi utama yang pernah ada.

Johnson juga menambahkan bahwa Vladimir Putin, Presiden Rusia, harus gagal serta terlihat gagal pada tindakannya  melakukan agresi ini. Serta kita harus bisa mempertahankan upaya berkelanjutan dengan menulis ulang aturan menggunakan kekuatan militer, karena menyatakan dukungan kepada tatanan internasional saja dinilai tidak cukup.

Nantinya Johnson akan mengadakan pertemuan dengan para pemimpin Hongaria, Polandia, Republik Ceko dan Slovakia atau yang disebut dengan kelompok Visegard (V4) pada hari Selasa.

Negara-negara tersebut juga pernah mengalami langsung krisis kemanusiaan yang melanda benua Eropa dengan cepat. Perdana Menteri Inggris tersebut juga akan meninformasika kepada pemimpin mengenai “komunitas internasional harus bersatu di bawah rencana aksi enam poin”.

Rencana aksi tersebut bertujuan untuk memobilisasi koalisi kemanusiaan internasional, serta memberikan dukungan pertahanan diri Ukraina dan memaksimalkan upaya tekanan ekonomi pada rezim Putin.

Hal tersebut juga menjadi upaya pencegahan melalui jalur diplomatik mengenai “normalisasi merayap dari apa yang Rusia lakukan”, untuk de-eskalasi yang melibatkan Ukraina serta “memulai kampanye cepat untuk memperkuat keamanan dan ketahanan pada wilayah Euro-Atlantik”.

BACA JUGA  Koin Kripto Ramai Diburu Orang Rusia, Harga Bitcoin Meroket