Cara Sehat Minum Kopi, Bisa Bantu Panjang Umur

Lampung-news.com – Fakta menarik manfaat minum kopi ternyata bisa membantu panjang umur karena terdapat manfaat kesehatan dengan memperhatikan cara-cara minum kopi yang benar. Bukan cara yang biasanya dilakukan seperti dicampur gula, es, krimer, dan lainnya, karena hal tersebut malah dapat menghilangkan efek kesehatan kopi.

Berdasarkan pendapat beberapa ahli gizi, kandungan kafein pada kopi terdapat banyak antioksidan yang penting untuk tubuh. serta rutin meminum kopi dapat membantu menjalani hidup lebih lama karena efek kesehatannya.

Berikut, beberapa cara meminum kopi yang sehat agar membantu kamu panjang umur:

Cara Sehat Minum Kopi, Bisa Bantu Panjang Umur
Kopi Hitam | istockphoto.com

1. Pilihlah Kopi Hitam
Jenis kopi inilah yang dapat memberikan manfaat kesehatan agar bisa membantu panjang umur. Hal ini dikarenakan kopi hitam memiliki kandungan antioksidan dengan jumlah yang sangat tinggi.

Menurut Lauren Manaker seorang ahli gizi, bahwa manfaat antioksidan bisa membantu tubuh dalam memerangi stres oksidatif serta membantu kesehatan secara keseluruhan. Walaupun begitu, Anda tidak boleh menambahkan krimer atau pemanis yang bisa mengurangi manfaat dari kopi itu sendiri. Selain itu, jangan coba-coba apabila Anda belum terbiasa minum kopi hitam.

2. Tidak menambahkan Pemanis

Penambahan pemanis seperti gula pada kopi dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang tidak diinginkan. Seperti gula yang terlalu banyak bisa menimbulkan kenaikan berat badan, diabetes tipe 2, serta masalah lainnya.

Maka dari itu, cara terbaik untuk mengonsumsi kopi adalah tidak menambahkan pemanis pada kopi.

3. Tambahkan Protein 

Solusi menambahkan bubuk protein pada kopi lebih baik dibandingkan menambahkan gula, mungkin agak aneh untuk didengar, namun hal tersebut dapat meningkatkan asupan nutrisi saat pagi hari.

Ahli Gizi D’Angelo menyatakan bahwa manfaat protein sangat banyak seperti membanti membangun otot, menghilangkan lemak, serta menyediakan energi sepanjang hari. Selain itu, protein dapat membuat terasa kenyang perut lebih lama.

BACA JUGA  Badan dan Jantung Sehat, Dengan Latiahan Cardio

4. Tambahkan Bubuk Jamur

Tidak hanya protein, tambahan bubuk jamur ke dalam kopi bisa menyehatkan dan menambah rasa. Ahli gizi Manaker berpendapat bahwa terdapat beberapa jenis jamur tertentu yang apabila dikonsumsi secara konsisten bisa mendukung kesehatan otak.

Manfaat lain dari penambahan bubuk jamur pada kopi yaitu sebagai anti kanker, meningkatkan kekuatan otak, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Tidak Menggunakan Cangkir Sekali Pakai

Memang cangkir sekali pakai sering menjadi pilihan karena lebih praktis. Namun kebiasaan tersebut sangat berbahaya dikarenakan plastik biasanya mengandung mikro-plastik yang dapat masuk ke dalam kopi

Hal ini, membuat Anda secara tidak sadar menelan mikro-plastik tersebut, yang kemudian mempunyai dampak berbahaya bagi kesehatan tubuh seperti gangguan keseimbangan hormon, serta gangguan kesehatan secara keseluruhan.