April 2022 Bisa Dapat BLT 2 Juta Tanpa Terdaftar Banpres BPUM

Lampung-news.com — Saat ini banyak yang mencari cara untuk daftar Banpres BPUM 2022, bagaimana cara cek penerima BLT UMKM BRI di eform.bri.co.id dan BNI di banpresbpum.id di Maret-April 2022.

dari ekonomi.bisnis.com

Mari kita ketahui daftar MSME online masih terbuka pada bulan Maret dan April 2022. Pelaku usaha bisa mendapat BLT Rp2,4 juta tanpa harus terdaftar Banpres BPUM BRI dan BNI dari Kemenkop UKM.

BPUM atau Banpres Produktif Usaha Mikro adalah program UKM Kemenkop UKM yang punya tujuan untuk membantu pelaku usaha mikro di tengah pandemi Covid-19 sejak 2020.

Baca juga: Bansos Rp 4,4 Juta Cair Untuk Siswa SD, SMP, SMA

Untuk cek daftar pelaku usaha yang mendapat Banpres BPUM sebelumnya, UMKM dapat memeriksa di tautan BLT yang disediakan oleh BRI eform.bri.co.id dan BNI banpresbpum.id.

Jika UMKM termasuk dalam daftar penerima BLT pada tautan BRI eform.bri.co.id dan tautan banpresbpum.id, setiap pelaku usaha bisa mendapatkan banpres sebesar Rp1,2 juta.

Pada tahun 2022 atau pada awal Banpres BPUM BRI mulai disalurkan, setiap UMKM menerima MSME BLT sebesar Rp2,4 juta. Distribusi BPUM dilakukan melalui 2 tahap.

Baca juga: W0w! Awal Puasa Kemensos Cairkan Bansos PKH Rp 65,3 Triliun 

Tetapi apa yang perlu diketahui, saat ini daftar online UMKM Online masih terbuka di oss.go.id. Daftar UMKM online ini adalah syarat untuk mendapatkan BPUM.

Berikut cara mendaftar secara online ke UMKM Terregister untuk memenuhi syarat mendapat BPUM:

  1. Login di https://oss.go.id menggunakan akun yang telah dimiliki
  2. Klik tombol Perizinan Berusaha, klik perseorangan
  3. Pilih pendaftaran NIB sesuai dengan jenis usaha yang dimiliki
  4. Lengkapi formulir data profil, lalu klik tombol Simpan dan Lanjutkan
  5. Klik tombol tambah usaha, lengkapi formulir data bisnis, klik Simpan dan Lanjutkan
  6. Untuk usaha kecil, pada bagian formulir komitmen prasarana usaha bisa mengajukan izin lokasi dan izin lingkungan, klik tombol selanjutnya.
  7. Selanjutnya anda akan melihat data rangkuman Anda yang telah diisikan.
  8. Beri tanda centang pada kotak disclaimer dan klik proses NIB.

Baca juga: Aplikasi Bulan Ramadhan Yang Akan Menunjang Ibadah Di Bulan Puasa 

Namun, BPUM pada tahun 2022 belum diputuskan untuk dilanjutkan atau tidak. Bahkan di APBN, BLT UMKM tidak menjadi program yang dibiayai oleh pemerintah.

Tapi tidak perlu khawatir. Tahun ini, pemerintah menjalankan kembali program PKH atau program keluarga harapan. Ini ditargetkan bahwa ada 10 juta keluarga penerima manfaat yang dapat menguntungkannya.

Untuk memeriksa daftar penerima, publik dapat check in 2 tautan dari Kementerian Sosial, yaitu cekbansos.kemensos.go.id dan dtks.kemensos.go.id.

PKH Bansos sendiri adalah program bantuan urusan sosial Kementerian yang bertujuan untuk menghilangkan jerat kemiskinan bagi orang miskin. Pemain UMKM yang memenuhi persyaratan dapat dapat

Berikut cara memeriksa daftar penerima 2022 Kemensos BST

  1. Login tautan cekbansos.kemensos.go.id
  2. Pilih nama provinsi ke desa sesuai dengan alamat di KTP
  3. Masukkan nama lengkap sesuai dengan KTP dan kode verifikasi yang tercantum di layar
  4. Klik tombol ‘Data Pencari’
  5. Daftar penerima bantuan ini muncul.

Setiap kali, Kemensos memperbarui daftar nama penerima melalui situs web checkbansos.kemensos.go.id dan dtk.kemensos.go.id, pastikan nama Anda secara teratur.

Jika nama Anda ada di daftar setelah memeriksa KTP di tautan Cekbansos.kensos.go.id, Anda bisa mendapatkan Rp 2,4 juta hingga Rp3 juta.

BACA JUGA  Aplikasi Cek Dana Bantuan Sosial Dari Kemensos

aplikasi bansos, aplikasi blt, aplikasi umkm, aplikasi bri, aplikasi bni, aplikasi terbaik